10 Makanan yang meningkatkan risiko kanker

makanan meningkatkan risiko kanker

American Cancer Society menyatakan sebanyak 559.650 orang diperkirakan meninggal karena penyakit kanker, dan hampir 1,5 juta kasus baru penyakit kanker diharapkan dapat didiagnosis terlebih dahulu.

Dari data statistik diperkirakan lebih dari 1.500 orang per hari terkena penyakit mematikan ini. Buku kanker: 101 Solutions to a Preventable Epidemic (New Society Publishers, 2007) menyebutkan bahwa ada 10 makanan dan minuman yang perlu dibatasi atau bahkan lebih baik untuk dihilangkan dalam diet sehat harian Anda :

  1. Semua makanan panggang yang sedikit hangus menciptakan amina heterosiklik atau karsinogen. Contohnya, roti panggang yang telah berwarna kehitam-hitaman.
  2. Mengonsumsi daging merah akan meningkatkan risiko kanker, terutama kanker payudara.
  3. Gula, baik gula putih dan cokelat yang secara sederhana gula putih ditambahkan dengan molase (hasil samping pada industri pengolahan gula dengan wujud bentuk cair).
  4. Batasi konsumsi makanan yang terlalu asin.
  5. Soda/minuman ringan, yang menimbulkan risiko kesehatan, baik yang mengandung gula dan bahan aditif. Sebaiknya Anda mengganti pola makan minuman dan makanan yang menyediakan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.
  6. Kentang goreng, keripik dan makanan ringan yang mengandung lemak trans.
  7. Makanan dan minuman aditif seperti aspartame.
  8. Kelebihan alkohol.
  9. Makanan yang mengandung akrilamida, paling tinggi terdapat pada bahan makanan yang tinggi kadar karbohidrat dan makanan yang dimasak dengan cara dipanggang.
  10. Ikan ternak, yang mengandung lebih banyak racun seperti PCB.

Sumber: care2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *