Ginseng Tanaman Berharga

Asal Usul Ginseng

Ginseng adalah tanaman yang tumbuh sepanjang tahun. Masuk dalam keluarga Panax, yang berasal dari bahasa Yunani Panakos atau Panacea dalam bahasa Inggris, yang berarti obat segala penyakit. Ginseng hampir selalu melingkupi cerita-cerita rakyat dan keajaiban, seperti hutan gunung dimana dia tumbuh secara alamiah.

Gingseng di Asia maupun Amerika, semuanya dimanfaatkan sebagai pengobatan, mereka memiliki kesamaan cara tumbuh dan penampilan, yang membedakan hanya varietas Asia lebih besar. Bangsa Indian Amerika memiliki metode khusus dalam memanen akar ginseng, akarnya baru bisa diambil setelah buah merah dari tanaman ini telah matang.

Ginseng Asia (Panax Ginseng) ditemukan terutama di belahan bumi bagian utara dan di daratan China, Tibet, Mongolia dan Korea. Di Korea dan Mancuria secara tradisional dianggap sebagai tanaman yang sangat berharga. Orang China yang kaya akan membayar sampai 2 milyar rupiah untuk mendapatkan khasiat peningkatan vitalitas dari akar ginseng bermutu tinggi. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa. Sementara di Jepang dikenal sebagai Panax japonica, akar yang sangat berharga ini tumbuh liar di daerah pegunungan Korea, Changbai dan Gunung Xiaoxinganling di Timur Laut China. Mereka tumbuh di lereng-lereng pegunungan dengan ketinggian 500 – 1.000 meter dari permukaan laut.

Ginseng merupakan tanaman yang paling berharga dari semua tanaman yang digunakan tabib China sejak masa lampau, setidaknya 5.000 tahun lalu. Dampak utama ginseng dalam tubuh adalah untuk menormalkan fungsi kelenjar pituari. Kelenjar pituari dan tiroid mengatur produksi hormon-hormon lain dalam tubuh. Hormon seks dan adrenalin juga diatur oleh pituari. Hal inilah mengapa ginseng memiliki reputasi dapat memelihara organ kesehatan seksual.

China memiliki metode tradisional dan sederhana dalam menggunakan ginseng. Sepotong akar kering disimpan di dalam saku seseorang sepanjang masa hidupnya. Ketika memerlukan pasokan energi, entah karena sakit, kelelahan atau ketika semangat hidup berkurang, akar dikeluarkan dan sebagian kecil dikunyah atau dimasak bersama satu teko teh sampai vitalitas tumbuh kembali. Lantas sisa akar ginseng dibiarkan disimpan kembali dalam saku hingga saat diperlukan. Di sinilah letak manfaat terbesar ginseng sebagai pembangkit energi jangka pendek.

Kandungan Utama Ginseng
–   29 jenis saponin ginseng & glikosida,
–   16 jenis asam amino,
–   9 jenis polisakarida,
–   7 jenis vitamin,
–   Germanium organik,
–   Magnesium, Potassium dan unsur-unsur lain.

Kandungan Ginseng lainnya :
–   Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida. Akar ginseng juga mengandungi 16 jenis ginsenosida seperti minyak asiri, panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat dan selulosa.

–   Ginseng mengandung karbohidrat kompleks, anti inflamasi, anti oksidan dan memiliki unsur-unsur anti kanker.
–   Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif lain seperti, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin dan mineral.
–   Nutrien (Nutrien yang dikandung adalah kalsium, serat, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, silikon, zinc, vitamin Bi, B2, B3, B5 dan C).

Khasiat & Manfaat Ginseng :
Ginseng merupakan obat herbal alternatif yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala sebagai obat kesehatan dan juga obat kuat bagi kaum laki laki. Sudah tidak diragukan lagi bahwa khasiat ginseng untuk kesehatan memang luar biasa. Mengonsumsi ginseng yang dipadukan dengan ramuan obat lainnya juga cukup baik untuk kesehatan dan kekuatan syaraf dan motorik. Di Indonesia ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Urutan 7 khasiat ginseng berikut ini :
1. Mengobati diabetes
2. Mencegah perkembangan kanker
3. Mengurangi stres mental
4. Merangsang sistem kekebalan
5. Menurunkan kadar kolesterol
6. Mengurangi kelelahan
7. Meningkatkan daya tahan tubuh atlet.

Di tahun 1969, Brehman, ilmuwan dari Uni Soviet (kini Rusia), juga meneliti
manfaat ginseng. Dia mendapatkan hasil bahwa, tentara Uni Soviet yang
mengonsumsi ginseng mampu lari lebih cepat ketimbang yang tidak makan
ginseng.

Sebuah penemuan baru oleh Rusia, menyatakan bahwa manfaat ginseng  yaitu :
–   Atasi gangguan ereksi
–   Menghilangkan anemia,
–   Membantu mencegah diabetes,
–   Neurosis, batuk, asma, dan TB,
–   Bermanfaat untuk hati, juga dapat mengurangi efek signifikan dari mabuk,
–   Memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, perdarahan atau gangguan pembekuan atau diabetes. Janganlah mengonsumsi ginseng tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *