Manfaat dan Khasiat Tribulus

 Manfaat dan Khasiat Tribulus

Manfaat dan Khasiat Tribulus – Tribulus Terrestris merupakan elemen penting dalam Herbal Tricajus. Tumbuhan ini adalah jenis tanaman berbunga (keluarga Zygophyllaceae), yang umumnya tumbuh di daerah sedang dan tropis Dunia Lama di selatan Eropa, Asia selatan, Afrika dan Australia. Tanaman ini dapat berkembang di iklim gurun dan tanah yang buruk. Tanaman ini memiliki banyak sebutan termasuk puncturevine, caltrop, kepala kucing, pohon anggur kuning, goathead, duri setan, gulma setan, bulu mata setan, burra gokharu dan bindii.

Tribulus sudah diakui dan memang terbukti mampu menambah kejantanan pria dengan meningkatkan kadar hormon testosteron. Testosteron adalah hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan otot sebagai simbol keperkasaan/kejantanan. Ekstrak dari tribulus terrestris digunakan untuk menyembuhkan disfungsi seksual seperti gejala-gejala penurunan fungsi seksual diantaranya penurunan libido atau gairah seksual dan ejakulasi dini.

Cara kerja tribulus terrestris yaitu dengan cara meningkatkan kadar LH (Luteinizing Hormone) hingga secara otomatis meningkatkan kadar hormon testosteron dalam darah sejumlah 30% – 50%.

Manfaat dan Khasiat Tribulus

Hasil percobaan pemberian obat dengan kandungan ekstrak dari tribulus 3 kali sehari selama 2 minggu pada pria yang terkendala impoten adalah 50% mengalami peningkatan libido dan 60% terjadi peningkatan ereksi serta meningkatnya durasi sexual dengan waktu yang lebih lama serta tanpa efek samping yang negatif.

Hasil percobaan pemberian 750 mg ekstrak tribulus terrestris perhari pada pria sehat adalah kadar hormon LH dalam darah meningkat hingga 72 %, hormon testosteron dalam darah terjadi peningkatan hingga 41%.

Dari hasil percobaan juga ditemukan bahwa ekstrak tribulus terrestris mampu meningkatkan produksi sperma, kemampuan seksual serta daya tahan tubuh.

Beberapa penelitian Lain Tribulus Terrestris:

1. Penurun tekanan darah, pusing dan nyeri haid.

Dari hasil uji klinis penderita tekanan darah sistole di atas 170 mmHg, saponin tribulus terrestris mampu menurunkan tekanan darah lebih dari 40 mmHg sebanyak 80% penderita. Efek anti pusing disebabkan oleh mekanisme ICP (Intracavernous Presser).

ICP ini berfungsi melancarkan darah ke seluruh tubuh dan merelaksasi otot. Hal ini sangat tepat bagi penderita pusing karena gangguan peredaran darah. Saponinn mampu membantu keseimbangan hormon estrogen dan progesteron serta melenturkan otot kewanitaan sehingga berguna bagi wanita yang nyeri haid karena gangguan tersebut (Zhong Yao Za Zi, Agustus 2005; 4; 1290).

2. Penurun Kadar Gula Darah (Diabetes) dan Kolesterol

Penelitian terhadap efek hipoglikemik, saponin mampu menunjukkan penurunan kadar 26% sampai 40% kadar gula serum. Saponin tribulus terrestris juga mampu menurunkan kolesterol serum. ( Zhong Yao Cai, Mei 2003; 4; 341).

3. Efek Aprodisiak, Gairah Seksual dan Stamina Tubuh

Protodioscin dalam tubuh menjadi Dehidroepiandrosteron (DHEA) yang merupakan bahan dasar pembentuk hormon testosteron. Di samping itu protodioscin juga meningkatkan hormon luteinizing melalui mekanisme ICP. DHEA dan luteinizing berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan mempertahankan stamina para atlet dikejuaraan Olimpiade. Furostanol merangsang kelenjar androgen di hipotalamu sehingga hormon sex menjadi lebih terlatih dan selalu aktif. (Life Sci, Agustus 2002; 71( 12) ; 96; 1385).

Tribulus Terrestris sekarang ini telah menjadi obat herbal terstandar untuk menguatkan otot, stamina dan masalah seksual (gairah, impotensi, ejakulasi dini dan susah punya keturunan) di negara Eropa, Timur Tengah dan Asia. Di samping manfaat-manfaat lainnya, tribulus terrestris baik digunakan untuk laki-laki dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *