Black Plum

Buah plum memiliki nama latin Prunus domestica memiliki sekitar 2.000 varietas yang berasal dari berbagai negara. Plum yang ada di Indonesia tergolong jenis plum Asia Barat dengan warna hijau kekuningan, rasanya asam manis dan banyak air. Berbeda dengan plum Eropa yang berwarna merah keunguan, rasanya manis, tetapi mengandung sedikit air.

Di China black plum banyak tumbuh di Provinsi Zhejiand, Fujian dan Yunnan. Dalam mitologi China buah plum merupakan simbol khusus yang melambangkan kearifan, keabadian, dan kebangkitan.  Black plum biasanya dipanen saat belum matang, kemudian diperam dalam temperatur rendah hingga kulitnya berubah menjadi kehitaman atau gelap. Black plum yang sudah masak, selain dimakan segar juga dimanfaatkan untuk membuat saus atau minuman, sedangkan black plum yang belum masak biasanya digunakan untuk membuat cuka.

Black plum mengandung sumber vitamin C yang tinggi, asam malat, asam oksalat dan tanin. Meskipun berukuran kecil dan mengandung kalori rendah, tetapi buah plum adalah sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Annamalai University bahkan menyebutkan ekstrak buah plum mampu meningkatkan hemoglobin. Studi lain yang dilakukan di Father Muller Medical College menuturkan buah plum mengandung antineoplastik yang bisa mencegah kanker. Bukan hanya buah, bahkan batang, biji dan daun dari pohon plum juga merupakan bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti yang dilansir dari India Times, bukan hanya buahnya yang bermanfaat, namun sejak zaman dahulu, daun pohon plum pun digunakan untuk mengobati diare dan gangguan pencernaan. Daunnya adalah antibakteri yang dimanfaatkan sebagai bahan obat yang memperkuat gigi dan gusi.

Plum adalah sumber lutein dan zeaxanthin. Kedua pigmen ini menghindarkan degenerasi otot penyebab utama kehilangan penglihatan. Kandungan vitamin A dan antioksidan yang dimiliki buah plum dipercaya dapat menggerus radikal bebas yang merusak sel dan jaringan yang dapat melukai mata.

Selain itu, buah yang juga akrab disebut aprikot ini diyakini dapat mencegah katarak yang
disebabkan efek degeneratif radikal bebas atau stres oksidatif. Aprikot juga mengandung potasium, magnesium, zat besi dan sebagai sumber serat. Selain bermanfaat bagi kesehatan mata, aprikot juga dapat membantu mencegah serangan jantung karena kandungan karotenoid.

Kandungan dan Khasiat  Pada Buah Plum:

®    Buah plum banyak mengandung phytochemical atau ferulic acid. Menurut penelitian, apabila zat ini banyak dikonsumsi, maka dapat menurunkan risiko kanker usus.

®    Mengandung diphenylisation yang dapat digunakan sebagai obat pencuci perut (pencahar) dan dapat mengatasi sembelit.

®    Di dalam plum juga terdapat hydroxycinnamate, sejenis antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.

®    Mengandung borron, mineral yang membantu tubuh dalam penyerapan kalsium. Apabila kita mengonsumsi 10–12 buah plum yang dikeringkan per hari maka dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

®    Mengandung serat dan potasium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *