Minum kopi kurangi risiko bunuh diri

Meminum dua atau tiga cangkir kopi per hari bisa mengurangi hingga 50% risiko melakukan bunuh diri.

Dalam tulisan di jurnal Biological Psychiatry, para peneliti mengklaim kafein bisa berfungsi sebagai obat antidepresan ringan, dengan meningkatkan hormon dan sinyal-sinyal lain di otak yang terkait dengan suasana hati.

Dari penelitian terhadap 208.424 orang, tim peneliti menemukan, mereka yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 45% lebih rendah untuk bunuh diri, dibandingkan dengan responden yang minum kurang dari satu cangkir.

Bagi mereka yang menghabiskan lebih dari empat cangkir per hari risikonya 53% lebih rendah.

Kopi dan emosi

Selama periode penelitian, yang dilakukan antara 1998 hingga 2008, tercatat ada 277 kematian yang diakibatkan oleh bunuh diri.

Tetapi para peneliti yang berasal dari Harvard School of Public Health ini menyatakan, menambah porsi kopi bagi peminum kopi dewasa yang mengalami depresi mungkin tidak akan berdampak signifikan terhadap kemungkinan melakukan bunuh diri.

“Secara umum hasil kajian kami menunjukkan tak banyak manfaat dari meminum kopi lebih dari dua atau tiga cangkir per hari atau 400 mg kafein per hari,” kata tim peneliti yang dipimpin Alberto Ascherio.

Penelitian terdahulu memperlihatkan kafein bisa meningkatkan aktivitasneurotransmitters di otak seperti serotonin, dopamin dan noradrenalin, yang mempengaruhi keadaan emosi.

Sumber: www.bbc.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *