Kebanyakan duduk bisa tingkatkan risiko serangan jantung

Saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya dengan duduk di kursi entah saat berada di kantor sambil menyelesaikan pekerjaan, atau ketika menempuh perjalanan jauh. Jika itu yang terjadi, usahakanlah untuk sering bergerak guna mencegah penggumpalan darah yang bisa berakibat fatal.

“Duduk di posisi sama selama berjam-jam bisa menyebabkan pembekuan darah di kaki yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati pada waktunya,” kata Dr Anil Bansal, kardiolog interventional di Columbia Asia Hospital.

Seperti dilansir Health Me Up, menurut Dr Anil terdapat beberapa masalah kesehatan akibat terlalu banyak duduk yang bisa berakibat fatal. DVT atau deep vein thrombosis adalah bekuan darah yang terbentuk di pembuluh darah pada kaki atau panggul.

Berjam-jam duduk bisa menyebabkan pembekuan darah di mana saat seseorang bangun dari posisi awal mereka, darah akan melakukan perjalanan dengan tiba-tiba hingga mencapai paru-paru dan menyebabkan emboli paru.

Emboli paru atau pulmonary embolism (PE) adalah penyumbatan arteri utama di paru-paru atau salah satu cabang oleh zat yang sebelumnya sudah melakukan perjalanan dari tempat lain di tubuh melalui aliran darah. Hal ini bisa mengakibatkan penyumbatan aliran darah atau oksigen melalui paru-paru yang bisa menyebabkan serangan jantung. Lantas, bagaimana hubungan terlalu lama duduk dengan pembekuan darah?

“Jika tubuh Anda atau beberapa bagian tubuh tidak melakukan gerakan dalam waktu yang lama, hal ini akan menghambat sirkulasi darah. Jika darah berkumpul di satu tempat di kaki, trombosit cenderung menempel satu sama lain dan membentuk bekuan,” jelas Dr Anil.

Dalam sebuah penelitian yang rilis tahun 2007, WHO yang meneliti bahaya global dari traveling menemukan bahwa risiko terjadinya pembekuan darah sekitar dua kali lipat jika Anda melakukan perjalanan selama empat jam atau lebih.

Nah, untuk memperkecil risiko terjadinya pembekuan darah, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan jika menempuh perjalanan atau duduk di kantor selama berjam-jam:

1. Rutinlah melakukan gerakan naik turun dari kaki sampai sendi pergelangan kaki. Cara ini akan memperlancar aliran darah serta mencegah stagnasi (darah tidak mengalir).
2. Berdiri dari kursi dan bergerak setiap 30 menit. Jika Anda mengemudi untuk perjalanan jauh, maka sering-seringlah mennginjak rem.
3. Selalu pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.
4. Bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan jantungnya, mereka harus selalu berkonsultasi dengan dokter dan tetap konsumsi obat-obatan yang diberikan.

Sumber: Detik Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *