Minum kopi di pagi hari baik bagi kesehatan hati

Secangkir kopi di pagi hari bukan cuma menghadang kantuk, tetapi juga menyehatkan hati, demikian menurut penelitian terbaru.

Selain kopi, minum teh rupanya juga memberikan khasiat yang sama bagi kesehatan hati. Hal itu disampaikan oleh tim peneliti dari Duke University School of Medicine di Carolina Utara.

“Asupan kafein menurunkan lemak pada hati yang bisanya menimbulkan penyakit,” terang kepala peneliti, Dr Paul Yen, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Sekitar 70 persen warga dunia didiagnosis obesitas dan diabetes karena lemak yang terakumulasi dalam hati. Sampai saat ini, belum ditemukan pengobatan yang paling efektif untuk menyembuhkan kondisi tersebut selain diet dan olahraga.

Namun penelitian tersebut mengungkap kalau asupan kafein merangsang kecepatan metabolisme sel-sel dalam hati yang kemudian menurunkan jumlah lemak.

Sementara itu, baru-baru ini penelitian lain justru menyebutkan kalau minum kopi empat kali sehari justru meningkatkan risiko mati muda. Dari situ bisa disimpulkan, mungkin konsumsi kopi perlu benar-benar dibatasi jika ingin mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Hepatology.

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *