Manfaat mandi setelah berolahraga

 Manfaat mandi setelah berolahraga

Manfaat mandi setelah berolahraga

Setelah lelah olahraga, kebanyakan orang ingin langsung beristirahat atau makan. Dari pada makan atau tidur, lebih baik Anda mandi. Selain membersihkan tubuh, ternyata mandi bisa memberikan efek yang baik pada tubuh. Berikut ini efek lain yang bisa didapat dari manfaat mandi setelah olahraga.

1. Kebersihan
Kebersihan adalah hal utama dari mandi. Keringat yang dihasilkan ketika olahraga adalah tanda Anda sehat, tapi banyak orang yang mengabaikan hal ini.

Mandi sangat penting jika Anda telah melakukan olahraga yang melibatkan orang lain, misalnya sepak bola. Keringat perlu dibersihkan dari tubuh, terutama jika lecet untuk mencegah infeksi. Bagi perenang, kandungan klorin juga dapat dibersihkan ketika mandi agar tidak iritasi.

2. Penyembuhan
Mandi dengan air dingin dapat mengurangi rasa sakit pada otot seusai olahraga. Bahkan, para atlet olahraga menggunakan es batu untuk mandi.

Jika Anda termasuk pelaku olahraga rutin, mandi dengan air dapat mengurangi nyeri otot untuk olahraga berikutnya. Namun, jika dirasa terlalu dingin untuk pagi hari, mandilah dengan air hangat agar otot lebih santai.

3. Mengurangi Lemak
Semua orang tahu bahwa olahraga dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Ternyata, mandi dengan air dingin akan membantu efeknya.

Anda bisa mempertahankan suhu tubuh dengan mandi. Air dingin akan meningkatkan 550 persen metabolisme ketika beristirahat nanti. Ini berarti tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Selain itu, air dingin dapat membantu kecukupan energi tubuh dari otot tonus.

4. Baik untuk Tubuh
Mandi jadi bagian latihan internal bagi beberapa olahraga aktif Tae Kwon Do. Menurut paham Tae Kwon Do, mandi dapat membantu muridnya membangun kebanggaan dan keuletan. Seperti kata pepatah, dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Selain itu, guyuran air dingin dapat meningkatkan pasokan antioksidan dalam tubuh atau glutathione untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *