Minum kopi? Jangan lupa untuk jaga kesehatan gigi

Kadang kala banyak orang tidak menyadari makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa memengaruhi kesehatan gigi. Misalnya kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berwarna lainnya, namun ada cara sederhana untuk menghadapinya sehingga Anda tetap bisa mengonsumsi aneka tersebut.
Menurut Bambang Nursasongko drg. SpKG (K), minuman seperti kopi mengandung kaffein yang bila terlalu banyak dikonsumsi juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Begitu pula dengan rokok yang mengandung nikotin dan zat-zat kimia juga berdampak buruk pada gigi.

“Tetapi kalau urusannya dengan kesehatan gigi, hal ini sebenarnya siasatnya mudah. Sebetulnya bukannya tidak boleh untuk makan atau minum-minuman yang berwarna, tetapi setelah itu harus segera berkumur,”ujar Bambang Nursasongko, drg. SpKG (K) dalam forum bertema ‘Bagaimana Memilih Dokter Gigi yang Tepat?’di Klinik Jakarta Dental Specialist (JADES),Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Namun masih banyak juga orang yang setelah minum-minuman seperti kopi atau minuman bersoda tidak berkumur-kumur. Kalau pun berkumur, banyak juga yang hanya sekedarnya saja tidak membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

“Kumur-kumur yang dilakukan adalah berkumur yang orang biasa merasa melihatnya itu jorok, dan bukan kumur-kumur yang ‘imut-imut’. Hal ini supaya sela-sela pada gigi menjadi bersih dan kalau sedang berada di restoran tinggal pergi saja ke restroom untuk kumur-kumur,”jelasnya.

Sumber: Health Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *