10 Kebiasaan buruk pengaruhi jumlah sperma

Jumlah dan kualitas sperma sangat mempengaruhi kesuburan pria, apalagi jika pria tersebut sudah menikah dan ingin segera memiliki anak. Faktanya, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa mengurangi jumlah sperma bagi pria.
Banyak pria yang bahkan masih berusia 30-an sudah mengalami masalah terkait jumlah sperma. Alasan utama sebenarnya mengapa kondisi ini bisa terjadi adalah gaya hidup yang tak sehat, seperti dilansir Boldsky.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang membuat jumlah sperma pria berkurang:

1. Merokok
Kebiasaan merokok merupakan alasan utama mengapa kesuburan pria bisa berkurang. Tembakau dapat ‘membunuh’ sperma dan bahkan juga dapat merusak struktur DNA sperma tersebut.

2. Makan junk food
Junk food diketahui hanya akan menambah lemak dan membuat Anda gemuk, tanpa ada manfaat sehatnya. Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi junk food, asupan nutrisi akan berkurang dan tubuh tidak akan mampu untuk memproduksi sperma.

3. Kurang tidur
Kurang istirahat sangat berkaitan dengan ketidaksuburan pada pria. Ketika tubuh sedang lelah, akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas sperma. Sebab, sperma juga membutuhkan energi untuk bisa ‘berenang’.

4. Memakai pakaian dalam ketat
Memakai pakaian dalam yang ketat merupakan kebiasaan yang patut diubah karena menghambat pertumbuhan dan perkembangan sperma. Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan ukurannya pas agar aliran udara tetap cukup.

5. Menyimpan ponsel di kantong
Banyak pria memiliki kebiasaan menyimpan ponsel di dalam kantong, padahal sinyal dan radiasi dari ponsel berpengaruh terhadap kesehatan testis dan mengurangi kemampuannya untuk memproduksi sperma.

6. Bekerja dengan duduk memangku laptop
Selain menyimpan ponsel di kantong, pria juga seringkali memangku laptop saat bekerja. Kebiasaan ini sangat tidak sehat karena menurunkan kesuburan pria. Memangku laptop yang lama-lama semakin panas akan membunuh sperma secara cepat.

7. Terlalu banyak minum alkohol
Alkohol diketahui dapat mengurangi jumlah hormon testosteron di dalam tubuh pria. Alhasil jumlah sperma pun dipastikan akan berkurang drastis.

8. Stres
Meskipun sedang banyak mengalami masalah, usahakan untuk tidak stres berlebihan. Tingkat stres tinggi dan kecemasan dapat menjadi penyebab mengapa jumlah sperma Anda berkurang.

9. Memakai celana jeans ketat
Walaupun celana jeans ketat atau model pensil saat ini sedang menjadi tren, namun nyatanya celana dengan model ini dapat memberi pengaruh buruk terhadap sperma. Celana ketat dipastikan akan membuat suhu di sekitar testis meningkat dan sperma akan berkurang.

10. Berkendara dengan motor terlalu lama
Berkendara dengan sepeda motor memang sudah menjadi kebiasaan umum pria. Jika Anda terbiasa berkendara dengan sepeda motor selama 3-4 jam per hari, maka risiko jumlah sperma Anda berkurang juga akan meningkat. Duduk terlalu lama di motor dapat meningkatkan suhu testis dan membunuh sperma Anda.

Sumber: Health Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *