Komponen hebat tribulus terrestis

Seperti yang kita ketahui tribulus terrestris dapat meningkatkan kadar testosteron, gairah seks, dan DHEA. Komponen apa saja yang dimiliki tribulus sehingga bermanfaat bagi kesehatan seksual, berikut ulasannya :

Komponen-komponen kimia aktif Tribulus terrestris adalah saponin steroid. Saponin steroid yang paling aktif di Tribulus disebut protodioscin. Protodioscin telah terbukti memicu pelepasan oksida nitrat dalam jaringan ereksi pada penis. Nitrat oksida mengirimkan sinyal ke pembuluh darah di area intim untuk melebar (vasodilatasi), meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan ereksi lebih kencang dan lebih penuh. Dalam penelitian pada hewan, protodioscin ditemukan secara signifikan meningkatkan tingkat testosteron dan DHEA juga.

DHEA (dehydroepiandrosterone) adalah hormon steroid yang disekresi dari kelenjar adrenal. Ini adalah steroid yang paling melimpah dalam tubuh. Dalam studi penelitian yang dilakukan di Universitas Airlangga, Tribulus telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar DHEA dalam laki-laki dewasa (55% pada penderita diabetes, dan 85% pada non-penderita diabetes). Akibatnya, dorongan seksual meningkat dalam 60% pada pria penderita kesulitan ereksi (tingkat DHEA meningkat pada pria yang tidak menderita disfungsi ereksi, walaupun dengan jumlah yang lebih rendah).

Dalam penelitian pada hewan, Tribulus terrestris telah menunjukkan kemampuannya untuk meningkatkan tingkat testosteron sebanyak 50%. Ini dicapai oleh mekanisme protodioscin, yang meningkatkan hormon luteinizing (LH), hormon yang mengirimkan sinyal ke tubuh untuk memproduksi testosteron. Ada debat terus-menerus dalam komunitas ilmiah tentang apakah Tribulus dapat meningkatkan kadar testosteron manusia di atas rentang normal atau tidak, tetapi secara umum disepakati bahwa itu dapat membantu memulihkan dan menyeimbangkan tingkat testosteron normal pada pria yang menderita pada tingkat suboptimal.

Secara keseluruhan, Tribulus dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Telah terbukti dapat meningkatkan DHEA dan tingkat testosteron, dan melepaskan oksida nitrat dalam jaringan ereksi.

Sumber: artikelpria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *