10 Nutrisi terbaik untuk tingkatkan kesuburan pria

Bayam

Gaya hidup perkotaan yang tak sehat saat ini turut berpengaruh terhadap tubuh pria, salah satunya membuat tingkat kesuburan menurun. Oleh karena itu, penting bagi pria untuk mengetahui nutrisi apa saja yang baik dikonsumsi agar kesehatan kesuburannya tetap terjaga.

Dilansir Boldsky, berikut 10 nutrisi terbaik untuk kesuburan pria:

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau merupakan makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat. Sayuran hijau seperti bayam juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan dan menjaga kualitas sperma tetap prima.

2. Wortel
Wortel rupanya tak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Ya, wortel terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma. Para peneliti dari Harvard University School of Public Health menemukan bahwa wortel memiliki efek sangat baik untuk membantu sperma ‘berenang’ menuju sel telur.

3. Jeruk
Setiap warna dari buah atau sayuran memiliki manfaat kesehatan tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesuburan pria. Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang diketahui mampu meningkatkan kesuburan pria.

4. Gandum
Lebih memilih menu gandum, termasuk roti gandum, dibandingkan roti putih atau nasi putih, rupanya memberi efek positif pada gula darah dan tingkat insulin dalam tubuh pria. Jika insulin berfungsi dengan baik, maka kadar hormonnya lebih mungkin untuk tetap seimbang dan membantu meningkatkan kesuburan.

5. Alpukat dan almond 
Tambahkan alpukat dan almond dalam makanan Anda untuk tetap sehat. Lemak yang ditemukan dalam kedua makanan ini termasuk dalam lemak baik, seperti lemak-trans. Nutrisi ini membantu insulin dalam tubuh pria berfungsi dengan benar, sehingga dapat menyeimbangkan hormon dan meningkatkan kesuburan.

6. Buncis
Buncis kaya akan asam folat alami yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Faktanya pria memerlukan asupan asam folat yang cukup untuk meningkatkan jumlah dan kepadatan sperma.

7. Taoge
Taoge diperkirakan memiliki hingga 100 kali enzim yang terkandung dalam bentuk sayur atau kacang-kacangan mentah. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan dan protein, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pria.

8. Stroberi
Stroberi adalah buah yang lezat dan kaya akan vitamin C. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria membutuhkan minimal 90 mg per hari vitamin C untuk meningkatkan kesuburan.

9. Pisang
Pisang yang hidup subur di iklim tropis basah dengan tanah lembab dan panas ini mengandung banyak magnesium, vitamin A, B1, C, serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak.

Zat-zat yang terkandung dalam pisang inilah yang diklaim bisa meningkatkan keseburuan. Kandungan asam amino L-arginine dan L-carnitine dapat meningkatkan produksi sperma.

10. Semangka
Buah ini kaya asam amino citrulline and arginin, yang keduanya memiliki dampak positif pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi pada semangka ini dapat memberikan kelimpahan manfaat, terutama bagi kesuburan pria. Menurut penelitian dari Curtin University of Technology di Australia, semangka juga mengandung banyak antioksidan lycopene yang dapat melindungi pria terhadap kanker prostat.

Sumber: Detik Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *