Ternyata Daun Zaitun, Merupakan Obat Pencegah Kanker

Buah dan daun zaitun

ZAITUN dikenal sebagai salah satu sumber penghasil nutrisi yang baik untuk tubuh. Biasanya orang banyak mengenal minyak atau buah zaitun dalam olahan masakan. Bukan hanya buah dan minyaknya saja yang bermanfaat bagi Anda, tapi daun zaitun juga bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

Daun zaitun merupakan sumber sangat baik untuk anti-kanker. Senyawa apigenin dan luteolin merupakan sumber dari sinkonin agen anti-malaria. Dan oleuropein juga telah menunjukkan kemampuan protektif terhadap kanker payudara, demikian yang dilansir Foxnews.

Ekstrak daun zaitun juga bertindak sebagai anti-inflamasi. Seperti oksidasi, peradangan merupakan faktor kunci dalam penyakit kronis dan degeneratif. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tambahan ekstrak daun zaitun dapat melindungi terhadap kerusakan saraf dan mungkin juga dalam kasus stroke.

Dalam dunia tanaman obat, penggunaan zaitun sebagi obat tanaman tradisional sudah dikenal sejak  berabad-abad tahun lalu. Daun zaitun dianggap sebagai tonik pada zaman kuno, daun zaitun dan ekstrak daun zaitun muncul untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan dan membantu menangkal berbagai gangguan kesehatan yang serius.

Meskipun buah dan minyak zaitun lebih populer ketimbang daunnya. Namun, banyak penelitian yang mengarah pada pemanfaatan daun zaitun sebagai salah satu warisan obat kuno yang harus dipelajari.

Sumber Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *