Konsums Makanan ini Saat Menghadapi Ujian Nasional

Konsums Makanan ini Saat Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional atau UN yang tengah dijalani para siswa di Indonesia tak hanya membuat siswa itu sendiri lebih giat belajar tapi sekolah dan keluarga pun memberikan perhatian yang lebih.
Agar sukses mengerjakan ujian nasional, penguasaan materi saja belum cukup. Kita juga perlu menyiapkan tubuh dan konsentrasi pikiran sehingga hasilnya lebih optimal. Salah satu persiapan yang tak boleh dilupakan adalah cukup tidur dan memilih hidangan yang tepat.

Hidangan bernutrisi bukan hanya mencegah kita kelaparan saat ujian, tapi juga sebagai cadangan energi dan makanan otak. Apa saja hidangan yang tepat sebelum menghadapi ujian nasional?

1. Oatmeal
Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan sebelum pergi ke sekolah untuk mengikuti UN adalah pilihan yang baik. Para ahli menyarankan untuk menyantap oatmeal dengan kalori rendah agar bisa kenyang lebih lama sehingga konsentrasi pun tetap terjaga. Untuk meningkatkan nutrisinya, tambahkan buah segar atau bubuk kayu manis.

2. Coklat hitam
Dark chocolate atau coklat hitam meningkatkan serotonin dan endorfin yang mengacu pada konsentrasi yang lebih bagus. Coklat hitam juga merupakan sumber yang baik akan antiokdsidan, vitamin, dan mineral seperti potasium, tembaga, dan agnesium.

3. Air
Tanpa disadari segelas air mampu meingkatkan kembali konsentrasi yang menurun karena dehidrasi menyebabkan kelelahan. Ada baiknya sebelum memulai ujian untuk meminum segelas air dengan sedikit perasan lemon untuk menyegarkan.

4. Blueberry
Tak hanya memiliki rasa yang lezat dan kaya kan antioksidan, blueberry juga terkenal akan sifat peningkatan memorinya. Pilih untuk megkonsumsi buah yang segar dibandingkan dengan membuatnya sebagai jus yang memiliki banyak kandungan gula.

5. Salmon
Salmon merupakan sumber omega 3 yang dapat membangun sel-sel dalam otak dan membantu menguatkan ingatan. Protein dalam salmon juga mengandung asam amino yang menjaga otak tetap fokus dan tajam.

6. Teh hijau
Teh hijau mengandung zat theanine yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus sehingga makanan atau minuman yang terbuat dari matcha atau teh hijau ini sangat baik untuk konsentrasi.

7. Pisang
Tak sempat memiliki sarapan yang berkualitas sebelum ujian? Maka pisang adalah pilihan yang paling tepat. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa siswa memakan pisang sebelum ujian memiliki hasil yang lebih baik ketimbang yang tidak mengkonsumsi pisang. Kandungan potasiumnya mampu membuat otak, nadi, dan jantung bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *