5 kesalahan paling sering dilakukan pria saat bercukur

5 kesalahan paling sering dilakukan pria saat bercukur

Ada lima kesalahan besar yang paling sering dilakukan pria saat bercukur. Itulah sebabnya mengapa proses bercukur terkadang bisa berubah menjadi tragedi berdarah dan menyebalkan. Baca artikel ini dan taklukkan pisau cukur Anda!

    • Persiapan yang buruk. Sebagian besar pria yang mengalami masalah seperti iritasi disebabkan oleh kurangnya persiapan. Salah satu bentuk persiapan yang harus Anda lakukan adalah mandi –atau setidaknya membasuh wajah dan area yang akan dicukur dengan air. Hal ini bertujuan untuk melembutkan kulit dan memperlebar pori-pori di area yang akan Anda cukur. Dengan demikian, rambut di area tersebut dapat lebih mudah dicukur dan terangkat.
    • Salah arah. Rambut Anda tidak tumbuh dengan arah yang seragam –khususnya di area leher. Langsung mencukur tanpa mengenali arah pertumbuhan rambut hanya akan menimbulkan iritasi dan luka pada kulit. Gunakan jari-jari tangan untuk mengenali arah pertumbuhan rambut. Anda bisa mulai mencukur bagian kulit yang terasa lembut. Jika terasa tajam, itu artinya Anda bergerak ke arah yang salah. Iritasi dan area kulit yang memerah merupakan indikasi arah bercukur yang salah.
    • Terlalu memaksa. Anda mungkin bermaksud membersihkan rambut-rambut di wajah hingga tuntas. Tapi, menekan alat cukur kuat-kuat ke atas permukaan kulit hanya akan menimbulkan masalah. Gesekan dan rasa panas yang ditimbulkan akan membuat kulit teriritasi dan terluka. Lebih baik biarkan alat cukur Anda mengerjakan tugasnya tanpa ada ‘paksaan’.
    • Lama dan kotor. Tetap menggunakan pisau cukur yang sama selama berbulan-bulan tak akan membantu usaha Anda dalam membabat rambut-rambut tersebut. Apalagi jika Anda juga malas membersihkan perlengkapan bercukur Anda. Pisau yang tumpul dan kumpulan bakteri yang berdiam di pisau cukur akan meningkatkan risiko terjadinya iritasi.
  • Produk yang salah, entah itu cream, foam atau oil. Menggunakan produk bercukur yang sesuai dengan jenis kulit akan mempermudah proses bercukur. Shaving cream dan foam lebih cocok digunakan jika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Sementara Anda yang memiliki jenis kulit kering, pilihan yang tepat adalah menggunakan shaving oil untuk membantu melicinkan kulit di area yang akan Anda cukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *