Khasiat dan Manfaat Daun Jambu biji untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Khasiat dan Manfaat Daun Jambu biji untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Jambu biji tanaman obat, – Tanaman Jambu biji memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Selain manfaat jambu biji yang dapat kita ambil dari pohonnya, daunnya juga sangat membantu berbagai masalah kesehatan. Masyarakat dari dulu sudah mengetahui dan membuktikan khasiat dan manfaat daun jambu biji untuk pengobatan secara tradisional.

Nama latin daun jambu biji adalah Psidii folium berasal dari tanaman Psidii guajava L. (fam. Myrtaceae).

Daun jambu biji memiliki kandungan berbagai jenis senyawa. Tidak mengherankan kalau daun jambu biji mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti daun jambu biji untuk obat diare dan lain-lain.

Daun jambu biji juga mengandung banyak zat sehat yang dibutuhkan tubuh, meliputi antioksidan seperti vitamin C. Kandungan daun jambu biji vitamin C dari buah jambu biji putih sekitar 116-190mg, sedangkan pada jambu biji merah adalah 87mg per 100 gram jambu. Vitamin C sangat berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai jenis kanker. Selain itu, daun jambu biji kaya akan flavonoid seperti quercetin, yaitu flavonol yang baik bagi tubuh.

Manfaat Daun Jambu biji Untuk Pengobatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat utama daun jambu biji untuk kesehatan yaitu membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

Buah jambu biji memang kaya serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet atau dibuat menjadi suplemen. Tetapi ternyata daun jambu biji memiliki manfaat yang hampir sama.

Kandungan dalam daun jambu biji menghambat pati kompleks diubah menjadi gula. Dalam tubuh kita gula dimetabolisme oleh liver yang kemudian diubah menjadi lemak. Hal ini yang menyebabkan kenaikan berat badan. Nah, proses ini bisa dihambat oleh zat dalam daun jambu biji.

2. Manfaat daun jambu biji bagi kolesterol

Minum teh daun jambu dapat bermanfaat menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar Kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Demikian menurut penelitian tahun 2010. Mengonsumsi buahnya juga memiliki khasiat yang sama karena kandungan lemaknya sangat rendah.

Ambil 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, tambahkan 2 genggam daun ceremai dan 10 lembar daun sirih, cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut 1/2 gelas dipagi hari, dan 1/2 gelas malam hari.

3. Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membuatnya jadi buah yang ramah bagi pasien diabetes melitus karena ia memperlambat penyerapan gula dalam darah. Sementara itu, ekstrak daun jambu biji terbukti bisa mencegah diabetes.

Teh ini secara efektif dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh Anda dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glucosidease. Imbasnya, kadar gula dalam darah akan turun tanpa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah, setelah memakan makanan yang tinggi karbohidrat. Review pada “Nutrition and Metabolism” merangkum temuan laboratorium dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun jambu biji menghambat beberapa enzim yang berbeda, dengan mengkonversi karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa, yang berpotensi memperlambat penyerapan ke dalam darah.

Beberapa uji klinis yang dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan kandungan anti diabetes jambu biji. Laporan ini menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu glukosa darah menjadi lebih rendah pada subyek dengan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan subyek yang sama namun tidak mengkonsumsi teh.

Dengan meminum seduhan daun jambu biji dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang penderita diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

4. Khasiat dan manfaat daun jambu biji sebagai obat diare

Khasiat dan Manfaat daun jambu biji lainnya yaitu membantu dalam mengurangi masalah diare atau jenis sakit perut lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo” pada tahun 2008, menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji terbukti memiliki kandungan antidiare, menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare.

Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun ini mampu menunda terjadinya diare, mengurangi frekuensi buang air besar, dan juga mengurangi keparahan diare.

Cara penyajian daun jambu biji untuk diare adalah ambil pucuk daun jambu biji yang masih muda 2-3 lembar, kemudian cuci bersih, lalu makan langsung dan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya. Atau bisa juga dengan cara direbus terlebih dahulu. Bisa juga dengan cara dibut sebagai teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.

Siapkan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batang dari tanaman jambu biji. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari.

5. Memperbaiki Pencernaan

Teh yang terbuat dari daun jambu biji juga berguna untuk menyehatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Bila Anda mengkonsumsi daun jambu biji, baik dalam bentuk jus maupun teh, cara ini juga berkhasiat dalam mencegah keracunan makanan.

6. Mengatasi Masalah Mulut

Cobalah untuk mengobati masalah mulut seperti sakit gigi, sakit tenggorokan dan gusi bengkak dengan teh daun jambu biji.

Cara lainnya yakni dengan menggiling daun menjadi pasta. Lalu tempelkan pada gusi dan gigi yang bermasalah.

7. Duan jambu biji sebagai obat sariawan

Siapkan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu bij, rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan diminum sebanyak 2 kali sehari untuk mengobati sariawan Anda.

8. Mengobati Demam Berdarah

Manfaat kesehatan yang paling penting dari daun jambu biji yaitu mengobati penyakit demam berdarah. Teh daun jambu biji membantu dalam mengurangi demam dan membunuh segala jenis kuman dalam tubuh.

Siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas, saring dan minum dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.

9. Mencegah Kanker Prostat

Daun jambu biji kaya akan likopen yang sangat baik dalam melawan kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker oral. Likopen bekerja dengan menghambat produksi androgen, hormon pria yang bisa memicu pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker prostat.

Mengkonsumsi jus daun jambu biji secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

10. Kanker lambung

Ekstrak daun jambu biji memiliki kandungan antikanker dan antitumor, misalnya likopen, quercetin dan vitamin C yang akan bekerja sebagai antioksidan dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Penelitian tahun 2011 menunjukkan, saat ekstrak daun jambu biji rutin dikonsumsi ternyata bisa memicu sel kanker lambung menyerang dirinya sendiri.

11. Meningkatkan Produksi Sperma

Mengkonsumsi daun jambu biji teh setiap hari dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Pada gilirannya, cara ini dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

12. Mengobati Alergi

Manfaat kesehatan lain dari daun jambu biji adalah membantu dalam mengobati segala jenis alergi. Senyawa yang hadir dalam daun jambu biji mencegah pelepasan histamin yang merupakan penyebab utama alergi.

13. Mempengaruhi Kardiovaskuler

Teh daun jambu biji juga dapat berkhasiat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, menurut penelitian laboratorium dan beberapa penelitian kecil klinis. Senyawa dalam daun jamnu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, menurut alaboratorium yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”. Penelitian ini menemukan bahwa hewan yang telah memakan ekstrak daun jambu biji, telah mengurangi tekanan darah dan denyut jantung.

14. Manfaat daun jambu biji untuk jerawat

Manfaat daun jambu biji efektif untuk menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam pada kulit. Hal ini karena daun jambu biji mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara membuat ramuan obat tradisional untuk mengobati jerawat adalah, Tumbuk beberapa daun jambu biji dan terapkan pada jerawat dan bintik-bintik gelap. Bilas dengan air setelah beberapa waktu dan lakukan secara teratur.

15. Daun jambu biji sebagai Anti Penuaan

Daun jambu biji mengandung antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit, sehingga akan melindungi kulit dari penuaan, serta meningkatkan warna kulit dan tekstur.

Rebusan daun jambu biji matang dapat diterapkan pada kulit untuk mengencangkan kulit.

16. Mengobati Rambut Rontok

Untuk menghentikan rambut rontok, rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama sekitar 20 menit. Setelah di dinginkan, terapkan pada kulit kepala, sambil di pijat.
Mencegah infeksi luka luar

Ambil 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu tumbuk hingga halus, kemudian lumatkan atau balurkan pada bagin kulit yang luka atau ifeksi.

17. Daun jambu biji sebagai obat masuk angin

Mungkin belum banyak yang tahu kalau manfaat daun jambu biji bisa sebagai obat masuk angin.
Caranya, Sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, dan garam secukupnya. Rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan diminum 2 kali sehari.

18 Daun jambu biji sebagai obat maag

Khasiat dan manfaat daun jambu biji untuk mengobati sakit maag. Salah satu cara memanfaatkan daun jambu sebagai obat sakit maag adalah sebagai berikut.
•    Siapkan daun jambu biji sebanyak 8 helai daun
•    Rebus bersama 1,5 liter air putih
•    Minum 3 kali sehari secara rutin.

Itulah Khasiat dan Manfaat Daun Jambu biji sebagai tanaman obat. Jangan pernah ragukan manfaat dan khasiat tanaman obat yang tumbuh di sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *